Singa pun Mendengarkan Bacaan Al-Quran Ahmad bin Thulun


Ahmad bin Thulun adalah salah seorang pemimpin Mesir abad 3 Hijriyah dan juga merupakan seorang Ulama yang memiliki kedudukan yang mulia. Nama lengkapnya adalah Abu Al-Hasan bin Ahmad bin Banan. Beliau pernah mendekam di penjara.

Penyebab beliau dijebloskan ke penjara adalah karena pernah menemui salah seorang pejabat, lalu beliau mendakwahinya. Pejabat tersebut pun marah kepada beliau seperti orang yang pura-pura tidak mengetahui sabda Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam : “Ada dua orang yang apabila dua orang ini baik, maka menjadi baiklah umat dan apabila buruk, maka akan menjadi buruklah umat tersebut yakni para ulama dan umara.”

Pejabat itu lalu memerintahkan kepada para tentaranya : “Seretlah orang ini dan sodorkanlah dia kepada singa yang lapar.”

Ahmad bin Thulun dimasukkan ke dalam penjara dengan singa yang sedang kelaparan. Keesokan harinya, para penjaga penjara menemukan ulama tersebut sedang duduk dengan tenang dan nyaman tanpa rasa tkut sambil berdzikir mengingat Allah Ta’ala dan membaca ayat-ayat Al-Quran yang penuh berkah.

Mereka mendapati singa yang kemarin kelaparan tersebut sedang menundukkan kepalanya dengan tenang dan penuh kekhusyukan, menyimak ayat-ayat al-Quran yang dibacakannya.

Subhanallah, jika seekor singa yang buas dan kelaparan saja khusyu’ mendengarkan Al-Quran, lalu bagaimana dengan kita? Sudahkah kita khusyu’ dan mengambil pelajaran dari Al-Quran?

Ketahuilah sesungguhnya Al-Quran itu adalah firman Allah Subhanahu wa ta’ala sebagaimana firmanNya: “Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al Quran yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, niscaya tak ada baginya seorang pemimpinpun.” [QS. Az-Zumar : 23]

“Kalau sekiranya Kami turunkan Al-Quran ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan ketakutannya kepada Allah. Dan perumpamaan-perumpamaan itu Kami buat untuk manusia supaya mereka berfikir.” [QS Al-Hasyr : 21]

http://kisahislam.net/2012/11/09/singa-pun-mendengarkan-bacaan-al-quran-ahmad-bin-thulun/

No comments:

Post a Comment